Cara Cepat Menaikan Trombosit Pada Bayi

Cara Cepat Menaikan Trombosit Pada Bayi

Rendahnya jumlah trombosit pada tubuh orang dewasa mampu menjadi penyebab banyaknya penyakit, apalagi kalau kondisi tersebut dialami oleh bayi. Berbeda dengan orang dewasa, bayi belum bisa mengonsumsi ragam makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah trombosit. Berikut adalah beberapa alternatif cara cepat menaikan trombosit pada bayi Anda.

  1. Meningkatkan jumlah trombosit lewat transfusi trombosit

Kondisi thrombocytopenia atau rendahnya jumlah trombosit hingga kurang dari 150.000 per milliliter darah pada bayi, bisa ditangani dengan transfusi trombosit. Transfusi trombosit dipilih dengan melihat gejala lain seperti memar berlebihan pada tubuh bayi. Keputusan transfusi trombosit harus diambil oleh dokter dan hanya bisa dilakukan dengan golongan darah yang sama.

Dilansir dari Livestrong, masing-masing dokter memiliki patokan sendiri untuk jumlah minimal trombosit pada tubuh bayi untuk memungkinkan terjadinya transfusi trombosit. Pendonor yang trombositnya akan ditransfusikan tentu haruslah sehat, trombositnya tak mengandung sitomegalovirus atau virus herpes, serta kandungan sel darah putihnya harus rendah.

  1. Menggunakan trombosit ibu untuk meningkatkan trombosit

Trombosit ibu merupakan salah satu pilihan utama saat transfusi trombosit. Namun, ada kalanya trombosit seorang ibu berbeda dengan yang dimiliki oleh bayinya. Hal ini disebabkan karena antibodi ibu bertolak belakang dengan trombosit bayi. Untuk tetap memungkinkan proses transfusi trombosit, trombosit harus melewati proses penyaringan untuk menghilangkan antibodi tersebut.

  1. Menjalani treatment IVIG (Intravenous Immune Globulin)

Cara cepat menaikan trombosit pada bayi selanjutnya adalah lewat cara IVIG (Intrvenous Immune Globulin). Cara ini bisa dipilih jika transfusi trombosit tak bisa dilakukan. Meningkatkan trombosit pada bayi dengan cara IVIG dilaksanakan dengan menginjeksikan cairan immunoglobulin atau protein yang berfungsi sebagai antibodi pada intravena bayi.

  1. Meningkatkan trombosit dengan konsumsi antibiotik secara teratur

Bayi yang lahir prematur, sangat besar kemungkinannya memiliki trombosit yang rendah. Bayi rentan terhadap infeksi sehingga menyebabkan produksi trombositnya terganggu.  Salah satu cara untuk meningkatkannya adalah dengan memberikan asupan antibiotik secara teratur. Antibiotik ini bisa menyembuhkan bayi dari infeksi penyakit, sehingga produksi trombositnya kembali pulih.

  1. Menghentikan konsumsi obat yang menyebabkan trombosit turun

Bayi yang sedang dalam masa pengobatan biasanya diharuskan untuk mengonsumsi sejumlah obat. Masalahnya, terdapat jenis obat yang bisa menyebakan trombosit menurun. Salah satu contoh obatnya adalah heparin, yang fungsinya mencegah penggumpalan darah. Alternatif pengobatan lain harus dicari, agar konsumsi obat ini dihentikan dan produksi trombosit kembali jadi normal.

Itulah beberapa cara cepat menaikan trombosit pada bayi yang bisa Anda pilih, jika jumlah trombosit bayi Anda rendah. Selalu jaga kesehatan bayi Anda, agar bayi Anda tak mudah jatuh sakit. Perkaya diri Anda dengan informasi seputar kesehatan bayi serta dengan saling bertukar pengalaman dalam mengasuh buah hati lewat forum Orami. Jadilah ibu cerdas bagi bayi Anda.

admin

shares