Bagaimana Cara Membuat Desain Produk Makanan yang Mudah Diingat dan Kreatif

Cara Membuat Desain Produk Makanan

Desain produk makanan adalah salah satu hal yang tidak bisa dilewatkan begitu saja dalam bisnis. Apalagi, apabila seseorang terjun di dunia bisnis makanan. Ada sekian banyak, ribuan, hingga lebih produk makanan yang tersebar di sekitar masyarakat. Tiap produk makanan memiliki desain kemasan produk yang berbeda, begitu juga desain logo yang berbeda. Jenis makanan yang diusung juga berbeda mulai dari makanan manis, asin, gurih, hingga pedas. Ada begitu banyak jenis rasa yang ditawarkan kepada masyarakat.

Oleh karena itu, bagaimana cara agar bisnis yang dijalani dapat eksis dan bertahan, lebih – lebih dikenang oleh masyarakat? Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membantu meningkatkan popularitas suatu produk makanan.

Cara Meningkatkan Popularitas Produk Makanan

Hal tersebut berkaitan dengan desain. Desain adalah salah satu hal terpenting yang tidak boleh luput dari perhatian. Sebuah bisnis makanan yang dapat eksis hingga puluhan tahun selalu mengedepankan inovasi yang sesuai dengan pergerakan zaman.

Begitu pula dengan para pebisnis yang ingin menjalankan bisnis makanan agar dapat diingat oleh masyarakat dan menjadi pilihan setia bagi para konsumen. Di antara sekian banyak produk makanan tersebut, tidak dapat dipungkiri pasti ada jenis – jenis produk yang mirip atau sama.

Desain makanan umumnya menggunakan desain yang sesuai dengan produk yang dibawa. Sebuah desain makanan keripik dapat menggunakan gambar keripik di bagian depan logo kemasan. Gambar makanan yang ditata dan dipotret dengan apik akan membuat konsumen menjadi tertarik.

Ketika konsumen tertarik, bukan tidak mungkin bila kemudian akan membeli produk tersebut. Di luar desain makanan, tehnik foto juga penting. Pengambilan gambar yang menari dan menggugah selera akan dapat memberikan sugesti kepada konsumen untuk mencoba mencicipi produk tersebut.

Tidak hanya desain foto makanan, adakalanya desain logo tulisan yang menunjukkan identitas produk tersebut juga didesain sedemikian rupa sehingga terlihat unik dan kreatif. Pemilihan warna untuk logo kemasan juga penting.

Ada beberapa produk yang memiliki gradasi warna yang tampak pastel dan lembut, adapula yang menggunakan desain yang terlihat lebih garang. Semua dibuat untuk meninggalkan kesan – kesan tertentu kepada konsumen.

Selain hal itu, bagaimana caranya agar produk makanan yang dibawa bisa dikenal, diketahui, dan menjadi favorit oleh para konsumen? Di bawah ini ada beberapa cara yang dapat membantu mengenalkan produk agar diingat oleh konsumen.

Bagaimana Cara Membuat Produk Agar Diingat Oleh Konsumen

Sebuah produk yang sukses dengan baik adalah produk – produk yang dapat meninggalkan kesan positif, unik, dan tidak biasa kepada konsumen. Seperti yang telah dijelaskan sepintas sebelumnya, penting kiranya agar membuat produk makanan yang dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Desain makanan adalah salah satu hal yang paling berpengaruh. Desain yang terlihat menarik dan sedap dipandang memiliki kemungkinan lebih besar untuk tetap diingat oleh konsumen. Akan tetapi, di luar itu, desain kemasan pada produk yang diusung adalah hal lain yang perlu diingat.

Seperti yang diketahui, ada banyak jenis material yang digunakan sebagai pembungkus produk atau kemasan produk. Jenis yang paling umum adalah plastik. Bisa dibilang plastik adalah material kemasan yang paling banyak digunakan.

Tetapi, untuk membuat kemasan makanan unik dan kreatif, plastik pembungkus bukanlah satu – satunya pilihan. Kemasan kaleng dan kemasan kardus adalah opsi lain yang dapat digunakan. Ada sekian banyak model kemasan yang dapat digunakan.

Kemasan kaleng tersedia banyak macam mulai dari bulat, tabung, hingga persegi. Selain lebih aman dan awet, kemasan kaleng juga memberikan kesan mewah pada produk makanan yang dibawa. Tidak hanya kemasan kaleng, kemasan kardus juga tidak kalah menarik.

Ada sekian lebih banyak desain yang dapat dibuat dengan menggunakan media kardus seperti segitiga, persegi, hingga model trapesium. Semakin unik kemasan yang dibawa akan semakin memberikan kesan menarik kepada konsumen.

Memang bentuk kemasan yang terlihat lebih rumit akan memakan lebih banyak biaya. Akan tetapi desain produk makanan yang tidak biasa tersebut dapat dipastikan akan mudah diingat oleh konsumen dan pastinya akan meninggalkan kesan yang membekas kepada konsumen.

admin

shares