Alasan-alasan Smartphone Xiaomi Selalu Laris Manis di Pasar Indonesia

Alasan-alasan Smartphone Xiaomi Selalu Laris Manis di Pasar Indonesia

Mengikuti perkembangan teknologi di masa sekarang, sudah semakin banyak saja brand-brand smartphone yang hadir di Indonesia untuk memanjakan para konsumennya. Xiaomi termasuk brand yang sebenarnya masih terbilang cukup baru tapi sudah populer di pasar tanah air. Ponsel pintar keluaran Tiongkok itu dulunya memang tidak laku di Indonesia, tapi dengan berbagai peningkatan pada produknya, akhirnya mereka menjadi salah satu produk yang selalu laris manis.

Semakin laris manisnya, penggemar produk Tiongkok itu juga semakin bertambah setiap tahunnya. Tentu ada beberapa alasan kenapa smartphonenya selalu laku di pasaran. Berikut penjelasannya.

  1. Harga murah, spesifikasi gahar

Menurut kebanyakan orang, smartphone dengan spesifikasi gahar hanya dimiliki di HP mid end atau pun high end. Tapi, Xiaomi juga mengeluarkan produk low end yang harganya murah dengan spesifikasinya yang sudah dewa alias mumpuni dan tidak kalah kerennya dari tipe atas lainnya. Harganya yang terjangkau tentu menjadi alasan utama kenapa masyarakat Indonesia mau membelinya, apalagi fitur-fitur yang diberikannya sama saja dengan kompetitor ternama.

Untuk kelas low end saja, mereka membanderol sekitar Rp 1 jutaan tapi sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang mampu memanjakan penggunanya, seperti kameranya yang sudah bagus, daya baterai yang tahan lama, dan sebagainya. Sedangkan kelas mid end yang dijual sekitar Rp 2 hingga 3 jutaan sudah dianggap sangat mendukung kebutuhan penggunanya, ditambah dengan fitur unggulan, seperti keamanan sidik jari atau wajah.

  1. Semua segmen di sasarnya

Tidak semua brand mau menyasar semua segmen karena produk yang dikeluarkannya belum tentu laku di segmen tertentu. Xiaomi justru kebalikannya, mereka berani menyasar semua segmen pasar yang sesuai dengan budget calon konsumennya. Hal itu bisa dilihat dari tipe-tipe yang mereka luncurkan. Masing-masing tipe selalu dikeluarkan dengan 2 opsi, sehingga target pasarnya bisa disesuaikan dengan series itu.

Misalkan saja Redmi Series diperuntukan untuk kalangan menengah ke bawah. Sedangkan tipe Mi Series merupakan smartphone yang dikeluarkan untuk segmen menengah ke atas.

  1. Tidak memakai artis brand ambassador

Kalau kamu perhatikan di iklan-iklan TV atau melalui online, pasti kamu tidak akan melihat produk Xiaomi menggunakan artis sebagai brand ambassadornya. Hal itulah yang membuat harga jual produknya lebih murah dibandingkan brand yang menggunakan artis sebagai iklan jualnya. Seperti yang diketahui, untuk menggaet artis saja membutuhkan banyak modal, sehingga harga jualnya pun juga pasti akan ikut lebih mahal.

  1. Memakai sistem flash sale

Produk asal China ini benar-benar berbeda dengan vendor lainnya karena cara penjualannya mereka yang menarik, yaitu menggunakan cara online dengan promosinya memakai sosial media. Bahkan di hari pertama mereka meluncurkan smartphonenya di tipe apa pun, pasti akan dijual dengan memakai sistem flash sale di mana sistem itu memiliki batas waktu tertentu untuk calon konsumen membelinya.

Mereka sudah bekerja sama dengan e-commerce Indonesia untuk sistem flash salenya. Sudah sangat membuktikan kalau smartphone yang dijual secara penjualan cepat selalu laris manis di pasar Indonesia meski jumlah produksinya selalu dibatasi di awal penjualan.

  1. Bekerja sama secara strategis dengan Qualcomm

Kamu sebagai pengguna Xiaomi pasti tahu kalau sebagian besar dapur pacunya menggunakan Qualcomm Snapdragon. Karena mereka selalu konsisten memakai Qualcomm sebagai mesin chipset terbaiknya, tidak tanggung-tanggung salah satu perusahaan chipset terbesar itu mengajak brand asal Tiongkok itu bekerja sama. Jadi tidak heran kalau biaya produksinya bisa semakin murah.

Tentu masih banyak lagi alasan-alasan lainnya yang membuat masyarakat Indonesia begitu terpikat dengan produk Xiaomi. Yang menjadi penentunya sudah pasti harganya terjangkau dan spesifikasinya sudah sangat mendukung. Kalau kamu, apa alasanmu memilih smartphone dari China itu?

admin

shares