5 Ciri-Ciri Gagap Yang Harus Diketahui

5 Ciri-Ciri Gagap Yang Harus Diketahui

Banyak orang yang menganggap kondisi gagapnya seseorang merupakan hal yang lucu dan aneh. Namun tahukah anda bahwa gagap merupakan sebuah kondisi kesehatan yang serius. Karena hal ini tidak hanya memperngaruhi secara fisik saja, namun secara psikologis juga. Ciri-ciri orang gagap pada umumnya memiliki kesulitan dalam berbicara dengan lawan bicaranya. Akan tetapi masih banyak lagi hal lainnya yang perlu kita ketahui mengenai ciri lainnya, gejala dan bagaimana cara mengatasi kegagapan dalam berbicara.

Akan tetapi sebelum membahas mengenai ciri, gejala, dan cara mengobatinya. Kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu gagap. Gagap adalah kondisi dimana seseorang memiliki gangguan terhadap kemampuan berbicaranya. Sehingga ketika berbicara mereka cenderung terbata-bata dan kurang jelas. Pada umumnya kondisi gagap ini biasa di alami oleh balita dan dianggap sebagai sesuatu yang wajar karena memang mereka masih berada di dalam masa pembelajaran untuk berbicara. Namun ketika kegagapan tersebut tidak hilang dengan sendirinya pada usia yang semakin bertambah, anda perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Karena kondisi ini merupakan sebuah gangguan yang diderita oleh otot dan saraf pada tubuh. Lalu apa saja ciri-ciri gagap yang seringkali kita jumpai di masyarakat?

  1. Seseorang yang menderita gagap biasanya akan kesulitan ketika berbicata. Mereka biasanya akan mengulang suku kata pertama atau bahkan memperpanjang suku kata pertama yang ingin mereka katakan.
  2. Tidak menatap lawan bicaranya ketika mengatakan sesuatu. Dan hal ini lazim terjadi pada seluruh penderitanya. Mereka biasanya akan banyak berkdip sehingga membuat lawan bicaranya ikut-ikutan tidak fokus dengan apa yang dibicarakan.
  3. Orang yang gagap banyak merasakan gemetar pada bagian bibir karena mereka kesulitan dalam mengatakan sebuah kalimat. Mereka juga cenderung berwajah tegang dan sering mengalami kedutan pada bagian otot wajah.
  4. Ketika mereka merasa kesal karena tidak bisa menyelesaikan satu kalimat yang ingin mereka katakan. Terkadang mereka akan mengepalkan tangan ketika mereka berbicara.

Nah, bagi anda yang memiliki saudara ataupun keluarga yang memiliki masalah dengan gagap. Ada baiknya jika anda mendengarkan dengan sabar mengenai apa yang ingin mereka sampaikan. Karena orang yang gagap biasanya akan merasa stress, tertekan, tergesa-gesa, dan kelelahan ketika berbicara karena kesulitannya tersebut. Dan tak jarang dari mereka yang pada akhirnya merasa minder ataupun takut untuk berinteraksi dengan orang lain karena kekhawatirannya dianggap aneh. Dan bagi anda yang ingin mengatasi gagap, ada berbagai langkah yang bisa anda lakukan.

  1. Terapi kognitif

Jenis terapi yang satu ini sangat penting untuk dilakukan guna menghilangkan pikiran negatif penderitanya. Bila si penderita terus-terusan menganggap bahwa dirinya tidak bisa berbicara secara normal, maka hal ini akan semakin memperparah kondisi gagap yang ia derita. Terapi kognitif juga bisa digunakan untuk mengurangi tingkat stres dan khawatir yang dirasakan oleh penderitanya.

  1. Terapi verbal

Terapi verbal merupakan terapi berbicaram dimana dokter biasanya akan membuat pasiennya mengontrol ritme bicara mereka melalui napas dan laju bicara. Hal ini dilakukan agar penderita gagap dapat meminimalisir rasa gelisah ketika mereka berbicara.

  1. Penggunaan DAF atau Delayed Auditory Feedback

DAF merupakan alat yang biasanya digunakan untuk mengontrol gejala atau ciri-ciri gagap yang mulai dimunculkan oleh penderitanya. Cara kerja dari DAF ini adalah dengan merepetisi atau mengulangi kata yang diucapkan oleh penderita gagap. Sehingga membuat penderitanya berfikir mereka sedang berbicara secara serempak dengan orang lain.

Sumber :

www.lifestyle.kompas.com

www.halodokterku.com

admin

shares